Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 01 September 2016

Menjadi  Teman  yang  Baik Kunci Terbaik Mendapatkan Teman yang Baik
               Manusia termasuk kita adalah makhluk yang tidak mampu untuk hidup sendiri, kalaupun ada yang mampu, itu tidak akan bertahan lama. Selalu saja ada hal yang tidak bisa kita lakukan sendirian dan memerlukan bantuan orang lain, itulah mengapa sebabnya manusia disebut makhluk sosial.
            Berbicara perihal itu, kita sebagai pelajar tentu mempunyai teman di sekolah, baik teman satu kelas, teman satu angkatan dan tidak menutup kemungkinan ada yang memiliki teman antar angkatan.
            Dalam diri seseorang, sudah tentu memiliki keinginan untuk memiliki teman yang baik untuknya. Tidak semua yang dianggap teman akan berlaku baik kepada kita ketika ia sedang tak bersama kita. Namun banyak, bahkan tak terhitung jumlah teman kita yang selalu berlaku baik di depan maupun di belakang kita, dan itu adalah teman yang benar-benar baik.
            Jika kita ingin mempunyai teman yang baik, maka jadilah teman yang lebih baik untuk mereka. Tidak ada tindakan yang sulit untuk menjadi teman yang baik. Berbuat hal positif kepada mereka cukup bisa membuat kita disebut teman yang baik.
            Dalam berteman, kita harus bisa mengenali diri kita sendiri lalu mengenali mereka. Setelah kita mengenali diri sendiri, kita juga harus tahu karakter-karakter teman kita agar pertemanan kita tetap terjaga dengan baik.
            Ketika mereka atau ada teman yang melakukan kesalahan kepada kita dan ia dengan segera meminta maaf, maka janganlah sulit untuk memberi maaf kepadanya. Begitupun ketika kita melakukan kesalahan kepada mereka, janganlah sungkan untuk meminta maaf kepadanya.
            Lalu, berikanlah pujian ketika ia melakukan hal yang pantas untuk dipuji. Hal itu memberi arti bahwa kita juga ikut berbahagia jika ia merasa bahagia. Bukankah akan sangat menyenangkan jika di lain waktu ia pun melakukan hal yang sama terhadap kita.
            Ingatkanlah dia ketika  melakukan perbuatan yang dianggap salah. Tidak semua orang bisa menerima kesalahan mereka. Tetapi, jika kita telah mengingatkan, ia akan sadar bahwa kita memang peduli terhadapnya, maka tidak menutup kemungkinan ketika kita melakukan kesalahan yang tidak kita ketahui, ia pun akan mengingatkan bahkan membawa kita pada perihal kebaikan.
            Jadi, kunci terbaik dalam mendapatkan teman yang baik adalah menjadi teman yang baik bagi mereka. Oleh karena itu, apa yang kita dapatkan adalah cermin dari perbuatan yang kita lakukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar